Rabu, 20 Januari 2010

aku orang gak jelas

Malang, Rabu, 30 desember 2009

    Dimana ada kebaikan, disitu ada keburukan. Dimana ada si ganteng di situ ada buruk rupa, ada baik hati ada bejat hati, ada manis ada pahit, ada cew cantik ada pula cew yang agak kurang paling tidak cantik. Seperti yang terjadi pada hariku siang tadi, aku dapat sesuatu yang sial sekaligus yang mantab jaya. Jadwalku hari ini diawali dengan datang ke sidang komprehensif teman kuliahku yaitu jam 8. Aku semangat datang karena makanan gratisnya, itung-itung pengiritan. Bulan ini aku di bekali uang saku 50% lebih rendah dari biasanya, makanya ku sering mikir gimana bisa gandain uangku, apa aku buatin mesin photocopy uang ya... aku kn cukup pinter, masak gitu ja gak bisa, ato pinjem jas ma jubah item plus kacamata item, trus malakin anak2 SD dket kos ku, walaupun receh tp klo dapet seambruk ya nayamul kan. Makanya kesempatan buat makan gratis gak akan aku sia-siakan begitu saja. Udah di kampus eh ternyata makanannya lalapan.. beh mantab jaya... lahaplah aku makan ma teman2 di kelas yang kosong. Mungkin karena udah lama gk ngumpul ma teman2ku tadi, ya sekitar 2-3 bulanan lah, jadi banyak banget yang di bahas saat  itu, mulai dari cew yang kayak bidadari, sampek perubahan pola tidur mereka. Tapi yang paling banyak di bahas adalah tentang sidang komprehensif. Kapan aku mulai sidang, udah nyampek mana aku ngerjainya, bagaimana kesulitanya, apa ada yang mendampingi saat ngerjainya dan buanyak lagi yang kita bahas, sampai aku teringat ama jadwalku selanjutnya, yaitu ketemu dosen buat konsultasi. Saat asik ngobrol di beranda lantai dua aku lihat seseorang berjalan dengan mantab di lantai satu. Seperti iklan sabun di tivi saat si cowok terpesona karena si cew baru ja mandi ma sabun sambil ketawa-tawa gak jelas, pastinya si cow melotot, mulutnya mangap ama mukanya penuh kecabulan kakek-kekek yang baru puber. Ya bener aku juga kayak gitu tapi Cuma 2% dari total range tadi, bedanya yang aku liat bkan cew yang seumuran ku dan baru aja mandi, tapi itu adalah ibu dosen yang harus aku temui di hari itu....

    Keteguhanku pun diuji, hasratku yang masih ingin kumpul ngobrol ama tmen 2 di hadang oleh panggilan kewajiban untuk segera menyelesaikan konsultasiku. Hati ini bergejolak, mentalku ditekan, aku mulai bertanya pada diri sendiri ‘kenapa aku bisa terjepit begini?, dosaku.. ini pasti gara2 dosaku’. Pikiranpun tak tenang, seperti anak ayam yang menetas di sarang buaya, si anak ayam pasti berkata ‘dasar induk tidak berguna..’ yang merupakan kata2 terakhirnya karena setelah itu dia menjadi menu special makan siang keluarga buaya. Sang waktu pun juga begitu, seakan gak peduli atas aku, dia amat tak acuh ama yang kualami, dia gak dengar, dia gk liat, melirikpun nggak, persetan ama yang kukerjakan, dia terus memutar dan aku masih kebingunggan. Tenggelam lebih jauh dalam kebingungan akhirnya aku memilih.
Aku bulatkan tekadku, tetapkan tujuanku, kuperjelas hasratku. Aku milih ngobrol aja ah... ntar aja k dosennya..


    Seperti dalam kisah2 lain bila awalnya kita udah melanggar suatu hukum alam tentang kelakuan baik dan tanggung jawab seperti paragraph diatas, tentu kamu bisa nebak kalo aku bakal kena batunya, iya emang itu yang mau ku ceritakan dari awal. Aku kena batunya. Bukan, aku kena betonnya. Setelah puas ngobrol ria bersama pria-pria penggoda2 iman itu aku kembali ke jadwalku. Dengan penuh rasa bersalah, mirip koruptor yang ketauan  pas di buka celananya terlihat ekornya pendek dan mlintir, lalu seseorang bilang ‘oi, dia bkan tikus, dia marmuci...’ betapa malu dan bersalahnya dia karena gagal jadi koruptor. Sama persis yang aku rasakan saat itu. Aku terus aja menyusuri langkahku kearah ruangan ibu dosenku terhormat. Pikiranku melayang membayangkan kemungkinan terburuk akan terjadi. Mungkin aku di beri perlakuan baik dahulu tapi ntar aku dimasukin dalam penjara bawah air dan di kumpulin ma piranha laper. Ato  aku disekap trus di bawa k mall bagian asesoris2, trus disana ada iket rambut, gelang, bandana warna pink oh.. tidak.. apalagi ada hiasan wini the poohnya di bagian kiri... tiiiiiiiiiiiidddddddaaaaakkkkkk.... itu kan cewek banget. Sampai akhirnya tulisan ‘welcome’ tergeletak di depanku, itu keset di depan ruangan dosenku. Tegang, aku heran kamana semua darahku, kenapa aku gak merasakan alirannya, walaupun aku masih ingat untuk bernafas ku angkat tangan ku dengan keberanian yang tersisa, sambil merem dan meringis aku ketok pintu nya. Dak.. dak... dak... gak tau kenapa suara ketokanku terasa amat gak bernada dan salah tempo. Aku ulangi, kali ini tanpa meringis. Dak.. dak...dak.. dan tiba-tiba di tempat itu, maksudku tepat dimana aku berada itu, di salah satu ujung dunia itu. Di bukalah pintu itu disusul dengan senyum dosenku, “oh kamu, mari silahkan masuk...” ucapanya begitu romantis. tapi itu bayanganku aja. Sebenarnya aku terus mengentuk pintu dan tak ada jawaban. Setelah kusadari ternyata semua ruangannya udah ditutup, gordennyapun udah ditutup pula, menandakan kalo si pemilik ruangan udah beranjak dari kampus menuju rumahnya.
    Ya... bner banget.... aku nyesel... dan mulai lagi berharap agar punya doraemon. Tapi tak akan aku biarkan besok terjadi lagi. Ya berdoalah, agar ujung dari ceritaku ada yang bahagia. Jadi gak selalu ngambang gak jelas kayak gini. Pelajarannya yang bisa diambil adalah, sesuatu yang ngambang itu gak jelas.

Malang 14 Jan. 2010

Eh kamu pernah gak,, jangan bilang ‘nggak’ dulu kan aku belum cerita, kamu pernah gak, merasa sayaaang sama orang yang jauh ma kamu. Maksudku bukan jarak

, tapi jauh muka-nya, gayanya, pokoknya dia yang popular deh di negerinya, tapi ne kondisinya kamu bukan jadi seorang yang tampan, baik, tajir, banyak yang suka ma kamu ato bahkan kamu satu-satunya cowok di   negeri itu. Sebaliknya kamu adalah orang yang wajar-wajar datar, biasa banget gak ada sesuatu yang menarik untuk di amati, kalo kamu jalan, orang-orang gak merasakan perbedaan sebelum dan sesudah kamu lewat. Super flat aja pokoknya... gimana ? pernah gak?
Kalo nggak ya udah kamu gak perlu nerusin bacanya, karena kamu bakal sulit ngerti jalan cerita selanjutnya. Yang ada kamu pasti bakal bilang masa’ seh, ah lebai, hehe kasian, terlalu besar-besarin dan sebagainya yang membuat seakan kamu lebih tau. Kalo pernah berarti ya gpp juga seh... Cuma mo blang kalo aku juga sangat pernah banget, ets jangan salah, ne konteksnya bukan aku ma artis cewek idolaku, tapi sama orang yang nyata kita kenal, kita dekat, dan benar-benar bisa ngliat dia pake mata telanjang. Ato orang-orang biasa nyebut dengan teman kita. Ada suatu waktu dia sangat menarik banget buat di perhatikan, mula dari cara ngomong, cara dia diem, cara dia benerin rambut, cara dia ngeliat tivi, sungguh mempesona sehingga apapun kesalahanya langsung bisa dimaafkan sebelum dia ngelakuinnya. Bahkan jerawatnyapun terlihat seperti permata. Tapi dalam 4 detik kamu langsung sadar posisi dan kondisimu sangatlah tidak proporsional banget. Kamu merasa gak nyaman ama yang ada ma kamu. Lalu liat ke bawah sambil di terangi lampu spot light sambil berkata dalam hati ‘ kenapa ya, aq harus bagai mana’ ato ‘bumi telanlah aku’. Tenang aja pembaca setiaku, kamu gak sendiri, aku yang tampan ini juga ngerasain kok, gak nyangka juga kalo yang tampan bakal kena ginian juga. Tapi jangan harap aku kasih solusi sambil semangatin kamu gitu, aku sendiri juga keper dibuatnya. Mirip ikan di kali yang diberi obat. Tapi setidaknya kalian tu tau kalo yang ngerasa gitu bukan kalian aja. Eh... ato malah aku aja ya yang kayak gitu??
Yang paling parah tu kalo dia lagi deket ma orang laen yang kebeneran kita kenal juga. Jadi dia lagi tuker-tukeran signal gitu di depan hidung kita. Kamu perhatikan dia lagi salting pas lawanmu muji dia, lalu mereka pura-pura didunia ini Cuma ada mereka berdua. Tandanya, kalo mereka senyum kamu bakal ngerasa gak jelas antara jengkel ama melet. Emang sih harusnya gak boleh gitu, kita juga bukan siapa-siapa. Tapi kalo kamu pada posisi itu (maksudku posisi yang kayak ikan di jemur itu) mending kamu ke kios-kios terdekat deh, trus beli domestos nomos bakar satu dus, nah.. kamu nyalain ditempat kamu yang tadi. Dari pada kamu yang jadi obat nyamuknya. Kata-kata yang laen buat kamu bila pada posisi itu adalah sukurin lu, kapok, hahaha.... ato cucian deh lu... tapi tenang pembaca ku yang baik hati. Aku gak akan sejahat itu, membiarkan kalian di ejek kayak gitu. Walaupun aku sendiri yang mengejek lho... maksudku kalian sebenarnya ada di posisi satu tingkat lebih tinggi dari lawan main kamu, karena kamu memiliki hasrat yang secara tidak langsung terinjak oleh mereka dan akhirnya menjadi sebuah semangat membara untuk dapetin dia. Bukankah yang terpenting dari suatu proses adalah usahanya. Tapi aku bohong, sebenarnya kalian satu tingkat lebih rendah dari lawanmu, kalo lawan mu lebih proporsional maka kamu masih sepuluh tingkat di bawah lawanmu. Ya benar, mengenaskan memang, makanya jangan taruh harapan berlebihan pada saat-saat seperti itu, tapi pasang strategi yang bener dan paling gaya kamu banget. Jangan mau hatimu dibuat kalang kabut ama dia, sebisa mungkin biasa aja. Tapi tetep awasi dan bener-bener tau kapan saat yang tepat buat kamu unjuk gigimu.  Sampai keliatan gusimu pun juga boleh. Gimana? Ngerti gak? Aku dewe aja masih gak yakin kok. Tapi mending gitu deh kayaknya dari pada jadi pajangan. Kalo lama-lama malah bisa jadi pajangan kamar yang lumutan, hih jorok lu... entar kalo berhasil confirm balik ya.... biar aku coba juga... hehehe......

MALANG 19 Jan. 2010

    Saat detik-detik pergantian alam, maksudku dari alam mimpi ke alam nyata melewati sebuah pintu dimensi yang menghubungkan kedua dunia tersebut. Sebuah jiwa yang melewati pintu dimensi itu akan merasakan radiasi pada tubuhnya sendiri. Biasanya ditandai dengan sulitnya memfokuskan apa yang sedang di lakukan atau konsentrasi terhadap apa yang terjadi sebenarnya untuk beberapa saat. Waktu kita melewati pintu dimensi itu, kesadaran kita sangatlah labil dan tertekan. Sehingga tidak bisa dikendalikan. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak pengetahuan di alam lain sana yang belum terjamah. Tapi ingat, semua yang aku katakan Cuma bo’ongan kok. Cuma mengada-ada. Gimana ? keliatan pinterkan gua? Hehehe.... Sebenernya yang mau aku ceritain adalah saat aku bangun tidur itu. Waktu itu aku masih setengah sadar dan masih terngiang apa yang baru terjadi  di mimpiku. Di mimpiku aku merasa bahagia karena semua teman yang pernah jadi terbaik ada di mimpiku, sampai gebetan yang gagal-gagalpun juga ada. Di penghujung mimpi itu aku jadi transparan mereka gak liat aku tapi aku liat mereka. Awalnya sih mereka cari’in aku. Semua merasakan perbedaan setelah kehilangan diriku. Tapi itu Cuma bentar, ya kalo hitungan menit itu sekitar 3-4menitlah. Setelah itu mereka kembali disibukan dengan pekerjaan mereka sebelumnya. Aku yang sebelumnya berusaha menampakan keberadaanku tiba-tiba terhenti sejenak. Aku terus memperhatikan mereka. Yang terpikir olehku saat itu adalah sikap mereka ketika aku gak ada. Ya benar, mereka baik-baik aja. Lalu kenapa aku merasa ada yang aneh. Seakan-akan aku tidak terima karena mereka begitu cepat melupakan aku. Aku ngerasa kurang berguna selama ini. Tapi tu hanya di mimpi. Kan akal dan emosi kita sulit dikendalikan, mungkin kalo itu terjadi di dunia nyata aku bakal nglakuin yang lebih keren dari itu. Saat emosi itu meluap aku terjaga dari tidur. Dan kesedihan pada mimpi itu masih kurasakan. Hari itu kubuka mata dengan perasaan surem. Ku pandangi tubuhku dan bergumam “ iya juga sih.... seharusnya aku lebih berguna dari pada orang ini (aku). Slama ini apa yang aku lakukan”. Dari kesedihan itu aku dapetin sesuatu. Mulai hari ini apa yang kulakukan harusnya bisa menjadi manfaat bagi orang banyak. Di mulai dari hal kecil sekalipun. Ya mungkin kedengeran lebay banget sih, skali lagi tu masih kondisi bangun tidur jadi otaku masih booting. Tapi kurasa itu suatu hal yang bagus dan benar. Kapan lagi aku berbuat benar kalo gak sekarang. Tapi itu kan bangun tidur.... beda dikit ama orang mabok ato orang diare. Pada gak jelas semuanya. Kalo dipikir dengan otak normal kayak gini baru bener. Jadi point penting hari ini, terobsesi saat bangun tidur menyebabkan diare.

13 komentar:

  1. very good article i think, theese really expressing GJ people, you should keep writting until you found your brillian GJ ideas.

    BalasHapus
  2. kamu salah tentang anak ayam....
    waktu sang buaya ngemplok anak ayam tiba" anak ayam mules sangat kemudian kentut yg selama 9 bln (emang ayam hamilny 9 bln???mbohkah)g dklurin slama d perut induknya.bz ngbayangin baunya???
    yaaaa...langsung bereaksi
    dan sang buaya otot" dan urat syarafnya lemas seketika...
    akhirnya....anak ayam hidup sampai skrg...
    :D kisah yg mmbahagiakan

    BalasHapus
  3. iyo orep, tapi mambu... hahaha.... gk mending cerito q ae ta? endingnya juga bahagia lho...
    induk ayamnya nyesel telah nelur sembarangan. jadi sekarang kl mau nelur dy pilih2 tempat. kl gk syaiful anwar ya d unisma...
    gk mau kl k bidan...

    BalasHapus
  4. ooohhh....gitu boljug lah....
    yg ptg endingnya anak ayam hidup...
    hidup anak ayaaaaaammmmmm
    :D

    BalasHapus
  5. yaa bneeerrrr.... idup anak ayam... yeah
    (sebenarnya kl dy tau yang sebenarnya dari cerita anak ayam itu...tragis dan mengerikan. tapi sudahlah... kehidupan harus tetap berlanjut).

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. yeaaaah...anak ayam rooock on....
    (tp benarkan anak ayam masi hidup????*sambil mengguncang bahu dg tatapan memelas dg mata berkaca".berharap tdk trjadi sesuatu yg buruk*)

    BalasHapus
  8. .......... (noleh kanan bawah, tiba2 angin kencang rambutq mlambai tutupin mata. kamera menjauh)

    BalasHapus
  9. *membalikkan badan kemudian melangkah lunglai,mata sayu,bibir bergetar menahan tetesan air mata.meratapi harapan yg sirna terbawa angin

    BalasHapus
  10. tunggu...... (suara keras menggelegar tapi pelan, km tersentak. suara itu miri sang anak ayam. perlahan2 noleh k belakang dan...)




    (sing..)slamat ulang taun... slamat ulang taun...
    (si anak ayam bawa kue tart kcil ad lilinnya, disertai aq dan GEJErs lainya di belakang pakek topi krucut).
    anak ayam bilang." maaf ya buat km khawatir, aku baik2 aja kok... ne suprice bwt km"(kasi'in sti bungkus kcil kosentrat yang di kasih pita ijo muda..).
    how much happy are you?

    BalasHapus
  11. yippiii....yippppiiiii.....
    (girang...sambil lompat")

    so glad...when i know all of u care for me ^^

    trima kasih kuenya teman".... ^_^
    (walopun yg mereka sebut kue tar hanyalah sekumpulan dedek yg diberi hiasan -.-' yeahh...it'ok.sepertinya satu"nya yg berhasil menarik perhatianku hanyalah sang pita hijau yg berkilauan diterpa cahaya)

    but i believe this cake (red: dedek) is made from love,trust and friendship (mekso asline)

    BalasHapus
  12. slamat anda telah terpilih jadi gejers sejati....
    keep spirit dude,,,,,

    BalasHapus
  13. *prokk...proook...prooookkk....
    tepuk tangan 25786 org membahana dalam gedung....
    melambai"kn tangan...dg mata" berkaca dan terharu....
    kemudian berputar" perlahan dikellingi cahaya putih benderang lalu terbang dg anggun meninggalkan riuh penonton menuju asal cahaya sambil menengadahkan kepala...

    ----wez yud hentikaaaaannn!!!!-------

    BalasHapus