Selasa, 22 Maret 2011

Story In Watoe Lumpang (cerita di batu penumbuk padi)


               Watoe lumpang berasal dari kata watoe (dalam bahasa indonesia artine batu) dan lumpang (artine meminjam tempat sementara, misal : mas… saya lumpang makan sini ya..).  hehe.. lumpang sendiri itu artinya alat dari batu yang sering digunakan buat numbuk padi pada jaman dahulu. nah.. apa sih itu kok gaya bener batu jaman gk wenak kayak gitu bisa masuk GEJErs area. Jadi begini ceritanya sob… (*duduk sila dan siap bercerita ) waktu itu aku lagi stress soal kampus, ya antara kuliah, tugas, dan segala atributnya. Semua itu membuat diri ini lemah lesu tak terkendali (that’s a real story).
  Dan ternyata di kosan pun juga demikian. Buanyak sekali yang lagi lemas karena bosan. OK gk banyak amat sih, kosan q cm isi 5 orang dan yang bosan 3 orang. Saat termenung disela rutinitas itu dari lubuk hatiku yang terdalam sejujurnya berkata, “I need vacation, yeah… that’s gonna be work”. Tapi kemana.. ? Mall? Ah.. gitu2 aja.. da bosan, cari tempat makan yang aneh? Gk ah.. takut gemuk (asline gk due duek), ke gunung? Panjat tebing? Rafting? Paralayang? Hhh… jauuu… dompet gua jauuu... skarang gk mungkin… apa donk?? Apa?? Aku mulai mempertanyakan itu. Hidupq kupersembahkan untuk menemukan jawabanya. Tapi semua ide q basi.. aku butuh liburan… benar2 butuh liburan. Senadyan, dolan sakkediping moto…. Tak nggo tombo… loro jroning dodo (*meskipun liburan sekedipan mata, saya gunakan itu sebagai penawar sakit di dalam dada.) weish… seerr.. deg tek deg tek  joss… tiba2 saja salah satu temen q bilang kata2 yang kueren banget jare qw (*menurutq). Kmarin aku dari mancing di watoe lumpang enak jeh… aku langsung kaget?? Apa? Mancing?? Deng..deng..deng.. (*kamera mendekat). Dan tiba-tiba ada sinar dari langit. Bersama dengan merpati berterbangan d atasnya. Di bawah aq tersimpuh dan mengangkat kedua tangan ke atas plus nahan nangis “manciiiiiiiiiiiiiing…..” yeah good idea…
wah smangat qw yang kmarin tenggelam entah dimana tiba2 kluar secara brutal dari dalam tanah.. woooooo… ayo manciing.. secara kegiatan ini adalah salah satu hobi q yang saya lakoni sejak dari balita. Banyak jenisnya sih.. mungkin ini hobi dari sebagian paraGEJErs sekalian. Diantaranya mancing amarah, mancing upil, mancing kerusuhan, dan ada mancing yang gk tak sukai, seperti mancing yang di cubles kupingnya (*piercing maksudnya hee) dan sebagaipun, (*sebagainya). Untuk kali ini aku mau mancing ikan aja… yeeyy.. dan dimanakah lokasinya bung? Saya bertanya ke orang brilliant tadi. Nanti ez tak tunjukin tempatnya, singkatnya okelah kalo begitu… siip jadilah kami ber empat dengan penuh senyum ke tempat itu.
Tempat pemancingan ini sungguh aneh (dalam artian bagus). Untuk mencapai lokasinya dibutuhkan keahlian dalam berkendara. Maksud saya benar-benar berkeahlian berkendara.. bagaimana tidak. Lihat saja medan yang saya tempuh.



Ya benar, saya berkendara sepeda motor di pematang sawah… saya ulangi di pematang sawah sodara-sodara. Lebar jalannya kurang lebih Cuma 30cm, dan terus begitu sampai kita-kira 500m. ditambah dengan posisi jalanya yang naik turun… beee… adrenalin jeh.. adrenalin..
Setelah berkali-kali terseok-seok, pergelangan tangan kram nahan motor, nyaris ngguling ke sawah, akhirnya nyampek juga dengan selamat… ini mungkin karena tiap kali panic aku “nyebut” tapi sambil teriak-teriak… “wadoo… Astagfirllah…. Wadooh.. lesoh rek.. Astagfirllah… (*graakk,,,)duhh.. kah..Astagfirllah”. mirip ketemu setan trus setannya jambak2 rambut qw sampek q triak2 gitu.


ne turunan ne... samping q itu dalem lho srius,,,
 
jreng-jreng akhirnya nyampek juga agak bingung sih pas itu soalnya tempatnya belum jelas ketutup phon2 gitu.. Cuma terlihat banyak gubuk-gubuk yang terlihat terawat tapi agak mistis gitu suasananya. Tapi itu Cuma perasaan q aja. Buktinya pas aku turun ke lokasinya.. yeeyy.. comfortable, pleasant, cool, glow in the dark gitu.. gak nyangka aja da tempat seterawat ini di tengah sawah plus ketutup pohon-pohon gitu. Dan tentu saja nice view gitu, mungkin kata yang tepat dan mewakili perasaan waktu itu adalah 'ORGANIK'.
pemandangan disana, Subhanallah
ini juga , Subhanallah
 
nah mulailah kami bersenang-senang. Sambil masang umpan hatiku berkata “ berlombalah para ikan-ikan, berlombalah buat surat wasiat untuk keluarga kalian, karna sebentar lagi aku akan merenggut nyawamu… huahahaha… come to papa..hohoho..“
hmmm…. Kayaknya aku jahat banget ya?? Sebenarnya aq gk sejahat itu kok rek…
Cuma di blog ini saya dituntut begitu.. aq ttp mYD yang baik hati.. hehe.. uhuy…
sekejab saja hilang penatku selama ini, semua kemurungan sudah tenggelam bersama umpan yang ku tebar. Kejenuhan atas rutinitasku dengan segera terlempar begitu saja di salah satu sudut dunia itu.
Tak terasa kami udah dapat banyak.. banyak banget… besar-besar lagi ikannya.. 
kayak ne lho.. besar to?
rasakan itu haha..
oww... yeah...
hidup bici...

 
Tadi sih sempat dapet yang kecil-kecil tapi kami kembalikan lagi ke kolamnya. Sampai kami baca tulisan ini.. (tulisanya yang dilingkari merah, gak kelihatan sih... 
makanya kami baru nyadar juga.)


Itu tulisanya “ikan yang sudah di pancing tidak boleh di kembalikan ke kolam”
Lha wes kadong ez…. Untung aja gk ketahuan pak penjaganya… kami pikir kan kalo masih kecil-kecil kan sayang kalo di makan. Masa depan mereka masih panjang, mereka masih belum tau apa-apa soal dunia ini, siapa tau dari ikan2 yang kecil2 itu ada yang berbakat trus dapet beasiswa ke luar negeri, kan siapa tau juga? Ide ini sudah di bicarakan oleh ketua suku ikan disitu sama yang punya kolam. Tapi yang punya kolam cukup otoriter, dia tetep aja goreng ikan meskipun kecil-kecil.. padahal kemarin sudah di demo oleh KITS (komunitas ikan tengah sawah), tapi bapak yang berwajah ramah itu tak gentar sama sekali. Semoga bapak itu gk baca blog q.. smoga juga q gk dihukum karena  gk patuh ma yang punya kolam.. 
bagi GEJERs yang ntar mau ksana keep secret yo…
                Abis capek mancing, ikan-ikan yang berhasil kami tipu itu di olah.. di goreng dan dibakar.. di campur ma ketumbar, daun jeruk purut, nan yang paling sadis ditambah garam… haha.. rasakan itu ikan… udah taktipu makanan yang ada kailnya, trus dimutilasi dan bakar… hhmmm… lama2 kok kasian ya ikan-nya.. skali lagi aq Cuma acting jahat di blog ini, sesungguhnya aq kasian ma ikan-ikan itu.. nasibnya itu tragis. Bila aq di beri kesempatan bilang sama ikan-cs itu aku mau berkata “Tadi itu aku Cuma bercanda ‘ik’.. aq Cuma main tarik2kan ma kamu, itu aja.. tapi kenapa kau telan kail-q.. itu kan tajam.. kenapa? ‘ik’.. kenapa? 
Satu yang pasti ‘ik’ aq bangga padamu.. huaaaaaaaaaa........”

lanjut... setelah itu kami bemain di kali di samping tempat itu. kali-nya lumayan bagus banyak batu-batu gede dan sangat cocok bwt preweding. ne foto kami lagi prewedding ma batu-batu itu.
ini kali-nya, bagus kok sebenernya
ini di atas kali, batunya gede-gede
 
Saat puas mainan air, sambil menikmati alam sejenak ikan-cs tiba… jeng…jeng… (back sound lagu pemakaman) dari ujung Nampak istri yang punya kolam membawa piring berisi ikan2-cs yang telah di olah. Kamipun bergegas baris tegap bershaf.. menundukan kepala dan tangan kanan menempel didada, sambil terenyuh mendengarkan lagu pemakaman..selanjutnya ikan-cs ditaruh di tengah gubuk lengkap dengan timun dan kangkung sebagai emblem penghormatan atas jasa-jasa ikan-cs. Kurang lebih seperti ini pic-nya.
wallaah...
amin... (hix..hix...)
 
Untuk selanjutnya saya tidak bisa cerita lagi. Karena aadegan selanjutnya cukup brutal dan sama sekali tidak ber peri-keikan-nan.nanti blog saya gak lulus sensor departemen penayangan ikan. kan temen2 bakal kehilangan blog saya juga. jadi untuk selanjutnya di skip aja.. gpp ya?

                Hari itu sungguh menyenangkan, menggembirakan, dan aku bersyukur kepada Allah telah diberi kesempatan merasakan nikmat dunia. Alhamdulillahirobill’alamin, semoga barokah.
Sepulangnya kami semangat menghadapi hari berikutnya. Ini pengakuan salah satu teman saya setelah dari sana.
 
Tenang saja.. dengan senyuman ini, hari esok pasti lebih baik.. semangad….. (sayangnya, kobaran ini tetap menyala sampai beberapa minggu saja, sekarang suntuk lagi ne…)jadi begitulah teman-teman cerita saya. kesimpulanya adalah vacation itu perlu, perlu banget, saat smuanya pekat dan ribet, pikiran kita perlu refresh, seperti kata Padi
"hidup adalah perhentian, tak perlu kencang terus berlari"
"kuhelakan nafas panjang dan segera berlari kembali... "  
OK I’m done.. segala kritik dan saran saya tunggu, langsung aja nulis di bawah… tapi yang bagus2 aja ya.. hehe 
thanks soro ez...
nah pertanyaanya kenapa tempat ini disebut watu lumpang?
karena di postingan ini saya lebih bahas vacation-nya jadi agak tidak penting untuk saya jelaskan. soalnya saya juga gak tau.. heeee...bila tetep ingin tau, datangi saja gerainya, alamatnya agak lupa. pokoknya deketnya jembatan.. nah kalo udah tau kasi kabar ya... saya juga penasaran kok namanya gitu.. apa daerah itu adalah lumpang raksasa yang digunakan raksasa jaman dulu kalo mau masak nasi? hmm gk tau juga kn? ini masih misteri..


bonus-bonus..


hehe ne gambar yang di ambil disana
hubungan mancing ikan, baju kantor sama lalu lintas apa hayo?
gk tau?
jawabanya ini...

mungkin ne siap2 dapet ikan guede banget(obsesi), jadi harus safety smangad pak, sandale anyar rek.. piss.. hehe
ato dikiranya ikan-ikan sekarang suka sama om-om tajir, nah siapa tau juga dengan berpakaian meyakinkan seperti ini para ikan dapat lebih tertarik. who knows? itu fenomena skarang kan?

9 komentar:

  1. waaa... ini yg dekat jembatan tuh ya yud tempatnya ???? di batu kan ya..

    waa... dekat bngt ma rumah e ibuk ana, sktr 500m .. hehe..
    kmrn pas ana lama di Batu pengen main kesitu, tp kebetulan hmpir tiap sore hujan terus, ana kan 'musuhan' sama jalan berlumpur :p:p jd cuma bs poto2an dr atas jembatan.. wih.. Subhanallah.. mmg bgus bngt pemandangannya... aaaa >,< bikin iri aja kau yud.. :D:D

    BalasHapus
  2. yaaa... bner banget.. itu di kota Batu..
    ha? 500 m? deket la'an... hoo rugi kalo gak kesana... wii.... tapi gpp kan bisa liat blog saya aj... podo bae kan? hehehe

    BalasHapus
  3. hahahai keren...
    namanya watu lumpang karna wakt bikin kolang ditemukan fosil p ga mirip dinosaurus malah lebih mirip lumpang...makanya bukan dijuluki matos...hahaha

    BalasHapus
  4. @ reny wulanguritno : hahaha..... kliatan kalo senengane nang matos ya.... hehe piss

    BalasHapus
  5. hahaha.... mas wahyudi makasih ya tulisannya tentang WL (Watoe Loempang).

    anyway,
    mas klo mau plesetin nama saya ga usah nanggung mas.. skalian aja jadi wulan gurito gtu... wkakaaaaakakaaa...

    oya, yg komen sebelumnya sebenernya adalah mas
    "BAYU PATRIA RAHAJI" (berhubung akun blog artventure indonesia adalah milik kami bersama, saya (Rainy = hujan) dan mas Bayu (=angin)
    *rada gak penting ya penjelasannya?? hehe..

    ehm,
    klo boleh jujur niy.. (terserah deh sukanya jujur ayam atau jujur kacang ijo)
    jadi WL / Watoe Loempang itu pemiliknya adalah Mas BAYU PATRIA RAHAJI yang komen pake nama wulan gurito yg tulisannya banyak salah ketiknya itu.
    :D

    do you know what?? dia seneng bin bangga banget nih sm tulisan mas wahyu dlm blog ini.
    bahkan sempat, blog ini menjadi bahan pertengkaran antara diriku dan dirinya hanya karena sejak dia ngebaca blog ini sampai sekarang sy ogah-ogahan buka blog ini dan baca sendiri ceritanya.. :p

    believe it or not : setiap hari dia slalu menanyakan apakah sy sudah membuka dan membaca blog mas wahyudi arifin yg judulnya story in Watu Lumpang?? seakan blog ini lebih penting untuk ditanyakan daripada bagaimana keadaan sy hari itu, sudah makan apa belum, atau sekedar ngingetin sholat (T_T)
    *sekilas info, yg empunya WL Saat ini tengah berada di sebuah pulau antah berantah nan jauh disonooo untuk mengumpul pundi2 sbg bekal untuk mempersunting seorang wanita manis dan smart.
    (sekali lagi saya pertegas: memperSUNTING, bukan memperBUNTING lo ya.. maksudnya nikah gtu)
    *tambah ge-je tambah sip,biar jd gosip-

    *tapi setelah saya baca sendiri, hehehe.. cukup menghibur nih.. ahahahaa...

    kapan main ke warung lagi? hahaha, mau sy ajak gotong royong ngangkutin batu gede yg di kali..
    :D

    #regards:


    ^Reny Wulandari^

    BalasHapus
  6. mas wahyudi, cara ngapus komen gmna?? ehm.. ada yg marah... jadi serba salah.. klo udah di baca tong di apusin ya komen saya yg lueebbbaaay itu...

    thank you!

    (purapura.gaptek)
    *lol*

    BalasHapus
  7. wah... tulisan yang membawa kepada pertengkaran adalah tulisan yang sangat buruk dan merugikan. saya tidak menyangka saya sendiri yang berbuat seperti itu. maafkan kelakuan saya. semoga kalian berdua cpt baikan. untuk mbak bayu saya minta maap, sebesar-besar ikan nila di kolam sampean. smoga sukses slalu watoenya... bwt mas reny.... anda yakin mau tak hapusin koment pean??? kalo alasane komentnya geje.. ya emang blog saya ini tempatnya orang geje2.. dan kami baik2 saja menyandang istilah GEJE di pundak kami..

    BalasHapus
  8. pak admin apakah anda siap memegang amanah yg saya berikan ...??

    kemarin saya di hubungi Bapak Sulimin dari Gramedia Group yg menyatakan bahwa tulisan anda ini layak untuk di terbitkan secara terpisah untuk keperluan buku dan majalah dewasa.!! haaa.haa..haa.haa

    salam blogger untuk semua..heeee :-)

    www.click4site.co.cc + www.click4site-untuknegeri.co.cc

    BalasHapus