Senin, 30 Mei 2011

Jadi kakak itu mengesankan


            Jadi anak terakhir itu cukup mengharukan. Seperti aku, anak ke-dua dari dua bersaudara. Lihat saja fenomena yang terjadi misal: pembagian uang saku (pas masih taman kanak2). Aku ingat sekali ibuk’ku bilang “ adek-kan sek cilik, dadi sangune cilik pisan yo” (karena adik masih kecil, uang sakunya juga kecil ya..) mbak’ku tertawa dengan tangan di pinggang.
Ada lagi pas waktu TK juga,
            Setiap ada teman ibuku yang menanyakan bapakku lagi dimana pasti bilangnya gini “hei, jeng…. Nangdi bapak’e Retno?” (retno = nama kakakku), nah mengapa gak namaku yang disebut?? Apa mereka gak tau aku mendengar obrolan mereka itu. Kapan aku disebut sebagai icon keluargaku juga? Habis itu aku pasti manyun dan pergi mencoret-coret buku gambarku, untuk melupakan apa yang telah terjadi. Dan mbak’ku tertawa dengan tangan di pinggang.
Itu Cuma beberapa kasus, sebenarnya buanyak banget. Tapi saat ini berbeda. Kakakku yang di atas itu sudah menikah dan punya anak. Itu berarti aku jadi Om…… \(^0^)/ ow.. yeah….
            Kalian tau apa artinya itu? Karena aku masih dalam katagori “muda” dan belum nikah, jadi seorang Om itu berasa kayak jadi kakak. Dan Allah mengijinkan aku untuk menikmati indahnya jadi seorang kakak. Huah… rasanya mirip kelinci pakek pita ijo tua dan menemani anak kelinci yang bunder kecil kayak kapas. Pokoknya seruuuuu….
            Keponakan-ku itu imud banged. Saya ulangi sodara-sodara, imud banged (aku jarang lho pakek akhiran ’d’ pada kata ‘banget’). Apalagi sekarang umurnya 1,5 tahun lebih gitu. Itu lucu2nya dari tingkah anak umur segitu bukan? Aku heran dan bangga, kenapa si tata (panggilan dari keponakanku) bisa lucu banged seperti itu? Padahal aku gak segitunya dan cenderung biasa aja. lihat balita lainnya. Apa ini sensasi sebagai seorang kakak pada adiknya.
Dan ternyata benar dugaanku. Bukan aku saja yang merasa si tata ini super imud. Tapi seluruh dunia mengakui keimud’tannya. Bukan besar2in sodara sendiri. Tapi inilah buktinya
kalo gak jelas gambarnya di klik aja biar gedhe
 
             Nah… para GEJErs bisa lihat sendiri di barisan no 5 dari kanan.. itu keponakanku. Dia ternyata salah satu anggota dari girlband korea kenamaan SNSD. Tau kan SNSD?? kalo gak tau tanya mbah google deh.. Nah… apa ini??? kenapa si tata bisa masuk girlband yang terkenal itu. Tentu saja ada sejarahnya.(click read more)
                (abis minum kopi) Ok… jadi begini.. tata dengan nama lengkap Nashyita Kirana Aura Islami ini lahir di Blitar kab. Wlingi dengan berbagai keindahan. Dia adalah titisan dari dewi bunga yang membawa kedamaian di bumi ini. ketika mbak’ku sedang nyiram tanaman didepan rumah tiba-tiba ada suara batuk-batuk. Karena penasaran dicarilah sumber suara itu. Dan ternyata suara itu dari tetangganya yang makan nasi goreng sekalian dengan penggorengannya, jadi batuk-batuk deh.. hoo.. tapi sebentar suara itu ada lagi, kali ini lebih merdu. Setelah ditelusuri. Suara itu berasal dari bunga anggrek yang sedang berbunga. Ini dia bunga anggreknya 
klik gambarnya biar gedhe

 
                   Ya benar ada sesosok makhluk imud di kuncup bunga itu. Ternyata mereka yang batuk dengan merdu. Mbak-ku lari ke dalam rumah dan ambil raket setruman nyamuk. Bukan buat makhluk ini kok, tapi buat nyetrum tetangganya yang batuknya tak kunjung reda, sehingga menganggu cerita saya. Sebaliknya Mbak-ku senang sekali akan kehadiran ke tiga kuncup kecil-kecil ini… dan berencana membudidayakannya.
                    Setelah baca-baca majalah Trubus, mbakku mulai mengaplikasikan budidaya anak kecil yang kembar tadi. Dia pikir di taruh di dalam pot lebih efektif, efisien dan kelihatan indah. Maka jadilah seperti ini
klik gambarnya biar gedhe

Oke.. mbakku kreatif kan?? Perawatanya cukup mudah, tinggal di kasih susu dan beberapa butir kasih sayang per hari. Maka ‘tanduran’ ini akan tumbuh sehat dan ceria.
                Setelah beberapa kurun waktu beberapa tanduran berevolusi, berubah secara ajaib, seberkas sinar turun dari langit, bersama para malaikat berterbangan di atasnya. Menyinari semua tanduran ini. tetangga mbak-ku pun sampai menganga melihat kejadian itu, akibatnya dia tidak sengaja menelan salah satu pot yang beterbangan waktu itu. saya sarankan untuk hiraukan saja tetangga mbak'ku tadi. Perlahan semua tanduran itu pergi ke langit dengan riang gembira. Tapi ada satu diantaranya yang gak jadi pergi ke langit. Tapi malah terbang muter-muter di atas awan mirip layangan putus. Hmmm… lebih tepatnya layangan putus yang imud. Seperti ini
klik gambarnya biar gedhe

                 Dengan sigap mbak-ku berlari kencang sambil membawa ranting pohon, dia mencoba menangkap makhluk super imud yang telah di rawatnya itu. Mbak-ku terus berlari tanpa lelah. tenang saja, di waktu kecil mbak-ku sudah sering mengejar layangan putus. Dia meloncat pagar orang, menerjang dinding yang menghadang sambil  berteriak-teriak bagai orang suku pedalaman. tentu saja sesekali dia istirahat sejenak sambil garuk-garuk tanah. belum jelas tujuanya ngapain. setelah itu lari kenceng lagi. Ya benar kali ini sisi lelakinya keluar dengan brutal. kali ni aku tertawa dengan tangan di pinggang.
Dan dengan perjuangannya mbak-ku berhasil mendapatkan makhluk imud itu. (ini ceritanya terharu, jadi marilah sedih bersama-sama sejenak). T.T
                 Setelah dapat si tata. Mbak-ku bertekad membimbing tata dengan segenap jiwa raganya. Termasuk mendukung bakat bernyanyi sambil menarinya. Mbak-ku juga support banget ketika ada tawaran buat tata untuk masuk di SNSD, yup girlband kenamaan asal korea itu..
                  Disana bakatnya mulai terasah dengan baik. Dalam waktu sepekan aja, tata sudah menjadi leader dari SNSD. Ni buktinya
klik gambarnya biar gedhe

Bener banget, dia berdiri di depan teman-temannya. Ini semua adalah wujud dari betapa ajaibnya dia. Dan aku sebagai  Om-nya (sebenernya lebih ngerasa jadi kakak sih) merasa terharu dan bangga melihat ini semua (weit saya terharu karena lihat tata lho… bkan lihat yang lain).
                      Kabar si tata the choosen one telah merambah ke Eropa. Bahkan di spanyol ada serial tivi anak yang di miripkan dengan karakter tata. Serial ini bernama pocoyo. 
 
Tak terasa air mata ini keluar dari mata dan hidungku. Aku bahagia dan seneng banget lihat dia menari dan menyanyi. Bakat ini mungkin diambil dari saya sendiri sebagai Om-nya. Yang pernah tampil menyanyi dan menari di acara perpisahan TK. Sari Kusuma, waktu itu aku jadi pohon bergerak nomer 4.
                Rasanya luar biasa. Ini kah perasaan menjadi seorang kakak….? Beruntunglah kalian para kakak-kakak di seluruh dunia. Yang selalu bangga dan ikut merasa hebat ketika sang adik mencetak prestasi. Yang selalu khawatir akan kesedihan melanda sang adik. Dan merasa bijaksana ketika memberikan saran yang benar akan ke luguan makhluk yang satu darah dengan kita.
                Bagi seluruh kakak-kakak di dunia. Sayangi adik-adik kalian. karena, selain adik sendiri itu selalu imud di banding adik tetangga, juga karena mereka perlu dukungan kita. Jangan sering isengin adik kita. Nanti bisa berpengaruh di perkembangan mentalnya. Contohnya saya sendiri. Yang terlalu banyak kena jebak sama kakak sendiri. Sekarang hobinya jadi yang aneh-aneh (skali lagi, mbak’ku tertawa dengan tangan di pinggang).

Bonus-bonus
Kabar dari burung, Seohyun (salah satu personelnya SNSD) itu jadi jadian sama Kyuhyun (personelnya super junior). Dan ikatan antara mereka terjadi karena bantuan dari sang leader.. yaitu Tata, berikut kisah nya...
gk kliatan tulisannya? klik gambarnya biar gedhe

gk kliatan tulisannya? klik gambarnya biar gedhe
gk kliatan tulisannya? klik gambarnya biar gedhe
gk kliatan tulisannya? klik gambarnya biar gedhe
gk kliatan tulisannya? klik gambarnya biar gedhe
seusai itu mereka berdua bahagia selamanya. Dan bagaimana dengan TATA?
sekarang dia sibuk bikin film layar lebar. buat para GEJErs ne tak kasi'in bocoran poster buat fimlnya tata


 postingan ini didedikasikan untuk tata dan para kakak diseluruh dunia, loving your brother and sister.
and don't forget to leave your comment..

7 komentar:

  1. judulnya koq kakak???
    jadi om-om itu mengesankan *harusnya*

    BalasHapus
  2. itu pengalihan perhatiannya... kalo pakek bahasa 'jadi om-om' gitu kurang etis. kata kunci di google nya pasti d barengin sama pencarian 'om-om girang', ato 'om-om senang'. emoh ah cari aman bae..

    thanks4u're comment ^^

    BalasHapus
  3. lucu banget ki...ntar lak adik'e sampean liat mesti terkesima, lak gak sebaliknya marah2 gara" dsamain kayak taneman...>.<

    BalasHapus
  4. @ vitya : lek arek'e gk mungkin marah pit... kan gbs baca, pling mung kethip-kethip tok.. gak tau lek ibunya... mumpung durong iki... kaboooooooooooorrrrrrr

    BalasHapus
  5. haha,, jadi merasa beruntung ni aku jadi kakak,,
    eits eits,, g boleh ngiri gt mas,, (sambil berkacak pinggang,)hahaha

    BalasHapus
  6. hehe... gpp kok mike... jangan sungkan (lho..??)

    BalasHapus